4 Tips Membuat Strategi Desain Event Yang Menarik Secara Visual

4 Tips Membuat Strategi Desain Event Yang Menarik Secara Visual

Hallo guys! Di dalam sebuah event, sebagai penyelenggara event harus bisa menampilkan komposisi visual yang ciamik agar menarik perhatian para pengunjung ke event tersebut. Salah satu strategi untuk dapat memikat perhatian para pengunjung yaitu melalui berbagai macam desain yang diterapkan dalam event.

Mengapa demikian? Karena pada dasarnya para pengunjung akan tertarik untuk datang ke event tersebut jika terdapat sisi keunikan. Maka dari itu, strategi desain yang efektif dan tepat sasaran tentu sangat dibutuhkan untuk memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi para pengunjung.

Selain memberi dampak kepada para pengunjung, strategi desain event yang menarik juga dapat berpengaruh ke dalam media pemasaran dan promosi. Satu hal yang menjadi kunci untuk bisa membuat desain event menjadi unik yaitu dengan adanya tema dan konsep acara. Dengan tema dan konsep acara yang jelas akan memudahkan untuk membuat desain event yang unik dan berbeda dari yang lain.

Strategi Design Event

Dalam artikel ini, kami akan membahas bagaimana strategi desain event yang efektif untuk dapat meningkatkan pengalaman para peserta dalam mengunjungi sebuah event. Simak informasi selengkapnya di bawah ini ya!

1. Desain Event Sesuai Dengan Tema dan Konsep

Desain event yang sesuai dengan tema dan konsep dapat menarik minat para pengunjung event. Apalagi menggunakan tema dan konsep acara yang kekinian, tentu untuk penerapan desain eventnya pun bisa diambil dari dekorasi-dekorasi yang sedang happening. Selain dari sisi dekorasi, pilihan warna dan struktur desain juga akan sangat berpengaruh untuk memberikan sisi keunika dari event tersebut. Warna dan struktur desain harus serasi dengan tema dan konsep acara agar lebih berkesan.

Selain diselaraskan dengan tema dan konsep acara, anda juga bisa menyesuaikan desain event dengan sponsor yang mendukung keberlangsungan acara tersebut. Biasanya pihak sponsor dan penyelenggara event akan berkolaborasi sesuai perjanjian yang sudah disepakati bersama. Dalam hal ini, pihak penyelenggara bisa menjadikan salah satu alternatif untuk membuat desain event yang menarik.

2. Ruang yang Luas dan Tertata

Untuk dapat membuat visual event yang menarik, pihak penyelenggara harus menyediakan ruang yang cukup dan tidak terlalu sempit. Sebenarnya hal ini sangat tergantung dari skala event yang akan dibuat, apakah event kecil atau event besar. Namun sebaiknya untuk dapat membuat desain event yang bagus, harus memiliki ruang yang cukup luas.

Dengan ruang yang luas, anda bisa merancang berbagai elemen yang ingin ditampilkan dalam event tersebut. Pengunjung pun akan sangat nyaman karena mudah bergerak dengan leluasa di dalamnya. Tata letak dari dekorasi pun harus diperhatikan dengan baik, agar tema yang diangkat bisa menjadi visual utama yang dilihat oleh para pengunjung.

Perencanaan ruang yang baik bisa meningkatkan kesan yang positif terhadap event tersebut.

3. Gunakan Pencahayaan yang Baik

Penggunaan pencahayaan yang baik dapat mempengaruhi tampilan visual dari event yang akan diselenggarakan. Supaya visual event menjadi terlihat lebih terang dan menarik, anda harus memperhatikan pencahayaan yang digunakan dalam event tersebut.

Jenis pencahayaan yang digunakan dalam event sangat bervariasi, anda hanya perlu menyesuaikan sesuai kebutuhan serta tema dari event agar nuansanya lebih terasa. Pencahayaan yang diberikan dapat digunakan untuk menerangi keseluruhan ruangan, atau pencahayaan yang menyorot area-area tertentu yang sedang ditampilkan. Dengan pencahayaan yang baik, event tersebut bisa meninggalkan kesan yang mendalam bagi para pengunjung.

4. Buat Spot “Instagramable”

Di era sosial media seperti sekarang ini, penting bagi pihak penyelenggara untuk menyediakan spot yang instagramable. Adanya spot yang instagramable ini akan membantu untuk mengubah event anda menjadi lebih kekinian dan menarik secara visual.

Kebanyakan orang yang datang ke sebuah event akan berfoto di suatu tempat yang menarik perhatian dan layak untuk di share ke akun sosial medianya. Maka dari itu, adanya spot instagramable ini sangat penting dalam sebuah event.

Dalam menyediakan tempat instagramable, pertimbangkan juga untuk membuat desain yang indah dengan pencahayaan yang baik. Latar belakang dan dekorasi yang ada di spot tersebut juga harus dibikin berbeda.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa diaplikasikan ke dalam sebuah event untuk dapat memberikan desain event yang menarik dan meningkatkan pengalaman para pengunjung ke sebuah event.

Mengubah tempat acara menjadi lebih menarik secara visual ini tentu bukan tugas yang mudah. Namun dengan strategi yang tepat dan disesuaikan dengan jenis acaranya, bukan hal yang mustahil untuk menampilkan event yang berbeda dan memberikan pengalaman event yang tak terlupakan kepada para pengunjung.

Baca Juga: Pentingnya Keamanan Fasilitas Venue Acara (Tips & Panduan)Mengenal Event Organizer dan Cara Kerjanya

Share this post