keamanan acara

Pentingnya Keamanan Fasilitas Venue Acara: Tips dan Panduan

Hallo guys! Sebagai penyelenggara acara, tentu tugas utama anda adalah memberikan hiburan yang luar biasa. Selain itu, ada satu hal penting lainnya yang tidak boleh dilupakan saat menyelenggarakan acara, yaitu memastikan seluruh keamanan dari acara. Keamanan acara ini seringkali dilupakan dan menjadi komponen terakhir yang dipertimbangkan oleh pihak penyelenggara. Seharusnya, keamanan acara adalah pembahasan paling utama dari setiap event yang digelar.

Pada saat kita menyelenggarakan acara yang mengumpulkan banyak orang, akan ada ancaman keamanan yang cukup serius. Maka dari itu, keamanan acara ini lebih dari sekedar ‘penghias’ tempat dengan para petugas keamanannya. Dalam praktiknya cukup kompleks dan membutuhkan koordinasi serta komunikasi yang luas.

Dengan pengamanan acara yang benar, anda akan memastikan keamanan dari setiap elemen acara dan mencegah kerusakan fasilitas dari venue tersebut. Berikut ini beberapa tips dan panduan untuk merencanakan strategi keamanan selama acara berlangsung. Simak informasi selengkapnya di bawah ini ya!

  • Petugas Keamanan Acara Harus Terlihat Secara Jelas

Hal paling utama dari keamanan acara adalah bukan untuk menanggapi sebuah ancaman, akan tetapi tujuannya untuk mencegah ancaman bisa masuk lebih awal. Maka hal terbaik yang paling mudah yaitu menunjukan petugas keamanan secara jelas dari setiap titik-titik yang dianggap bisa membahayakan acara.

Terkadang banyak penyelenggara acara yang ingin menyembunyikan atau menyamarkan petugas keamanan agar acara bisa terlihat dengan baik. Tindakan tersebut jelas salah dan akan membahayakan dari acara tersebut. Apalagi event yang diselenggarakan adalah event-event yang mengundang banyak orang serta berpotensi untuk memberikan ancaman keamanan. Bukan tidak mungkin banyak penyusup yang akan masuk dan membahayakan acara.

  • Buat Pos Pemeriksaan

Di dalam setiap event, akan ada security checkpoint atau pos pemeriksaan keamanan untuk melindungi orang dari ancaman-ancaman yang tidak terduga. Setiap event juga biasanya sudah ditentukan barang-barang yang boleh dibawa atau tidak diperbolehkan masuk ke venue event. Dari pos pemeriksaan itu akan ada orang yang menjaga untuk mengecek body dan barang bawaan mereka sebelum masuk ke venue event.

Pos pemeriksaan ini menjadi salah satu hal yang penting dari penyelenggaraan event. Dengan cara ini, orang-orang yang ingin bertindakjahat akan di berhentikan di pos pemeriksaan sebelum masuk ke kerumunan orang.

  • Perlengkapan Keamanan di Area Acara

Dalam penyelenggaraan sebuah event agar bisa berjalan dengan kondusif, crowd control bisa diterapkan dengan menggunakan bantuan perlengkapan keamanan yang baik di area acara. Beberapa perlengkapan keamanan diantaranya barikade, ropes lines, walkie-talkie, dan lain sebagainya. Perlengkapan inilah yang akan membantu para peserta acara untuk tertib pada bagian-bagiannya.

Selain melengkapi perlengkapan keamanan, para panitia yang bertugas di event tersebut juga harus memahami konsep dan venue acara. Pastikan semua bertanggungjawab atas keamanan dari acara tersebut, dan berikan informasi yang jelas untuk memudahkan semua panitia.

  • Membuat Manajemen Antrean yang Baik

Membuat manajamen antrean yang baik adalah kunci kesuksesan dari panitia acara. Apalagi acara yang digelar skala besar, tentunya harus banyak opsi yang dibuat agar antrean para peserta event tidak mengular, apalagi semrawut yang bisa membuat kekacauan. Semisal dalam acara bisa membuat beberapa jenis antrean, berdasarkan kategori tiket, berdasarkan jenis kelamin laki-laki dan perempuan, atau hal-hal lainnya yang membuat antrean terlihat aman.

Untuk event yang digelar di outdoor bisa memasang barikade di lokasi yang tepat untuk mengendalikan pergerakan massa agar tidak bertindak ‘brutal’. Pasang barikade dibeberapa bagian yang diperlukan agar acara bisa berjalan dengan lancar dan sukses.

  • Jaga Selalu Komunikasi

Selain melakukan pengendalian dengan berbagai cara, pastikan komunikasi antar panitia acara juga berjalan dengan baik di sepanjang acara. Beberapa hal mungkin terjadi, seperti perubahan jadwal. Hal ini bisa dikoordinasikan dengan seluruh panitia agar acara bisa berjalan sesuai dengan yang diinginkan, dan tidak terjadi salah paham antar panitia. Sebab salah sedikit saja, acara tersebut bisa beresiko gagal.

Nah, itulah beberapa tips yang perlu diperhatikan dalam keamanan setiap acara. Kesuksesan acara itu tidak dilihat dari konsep dan tema dari acaranya saja, namun juga keamanan acara adalah hal yang paling utama dan akan menjadi faktor besar untuk menggapai kesuksesan event.

Baca Juga: Sejarah Konser Musik , Mengenal Event Organizer dan Cara Kerjanya

Share this post