desain fasilitas acara

Tren Terbaru dalam Desain Fasilitas Acara

Hallo guys! Akhir-akhir ini industri acara terus mengalami perkembangan. Baik dari segi konsep dan tema yang disajikan, hingga penerapan teknologi pada setiap gelaran event sangat membantu untuk memberikan pengalaman yang baru kepada audiens dalam menghadiri acara. Hal ini tak terlepas dari permintaan para audiens yang menginginkan penyelenggarakan event yang digelar secara sempurna.

Salah satu elemen event yang bergerak mengikuti tren terbaru yaitu desain fasilitas acara. Desain fasilitas acara ini memiliki peran yang cukup penting dalam menciptakan suasana event yang ciamik. Tren fasilitas terbaru secara tidak langsung mampu mengintegrasikan semua elemen dengan baik, menciptakan lingkungan event yang mendukung serta akan memberikan kesan baik bagi semua audiens.

Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai tren terbaru dalam desain fasilitas acara di Indonesia. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini ya!

1.Tren Desain Interior Venue Event

Desain interior venue event bisa memberikan kesan pertama yang baik bagi para audiens yang hadir. Ketika kita memasuki area venue acara, tentu desain interior yang bagus akan membuat kita terkesima melihatnya. Oleh karena itu, penting bagi pihak penyelenggara untuk memilih desain interior yang sesuai dengan tema dan tujuan acara. Beberapa tren desain interior venue event yang dapat meningkatkan pengalaman acara diantaranya:

  • Desain yang nyaman dan fungsional

Dengan venue yang memiliki desain nyaman dan fungsional, tentu akan membuat para tamu akan merasa betah dan nyaman selama acara berlangsung. Beberapa hal ini bisa diwujudkan dengan menggunakan fasilitas furnitur yang nyaman, pencahayaan yang sesuai, serta sirkulasi udara yang baik.

  • Desain yang unik dan menarik

Desain unik dan menarik ini bisa membuat acara menjadi lebih berkesan. Beberapa hal ini bisa diwujudkan dengan menggunakan elemen-elemen dekorasi yang unik, seperti dihiasi oleh lukisan, gambar-gambar, atau hiasan seni lainnya.

  • Desain yang berkelanjutan

Desain yang berkelanjutan merupakan tren terkini yang semakin populer. Dalam event biasanya menggunakan desain-desain dengan bahan dan teknik yang ramah lingkungan. Hal ini tentu akan membantu mengurangi dampak acara terhadap lingkungan.

  • Desain interior yang fleksibel

Salah satu tren desain interior lainnya yang diaplikasikan pada desain interior venue event yaitu fleksibilitas. Saat ini kebanyakan ruang acara bisa untuk diubah-ubah sesuai dengan kebutuhan acara tertentu. Konsep ini tentu akan memungkinkan pihak penyelenggara untuk menggelar acara secara efisien dan menciptakan pengalaman acara yang dinamis bagi para audiens.

2.Penggunaan Teknologi yang Canggih

Seperti yang kita ketahui, teknologi sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Tidak terkecuali dengan gelaran acara, saat ini sudah menggunakan teknologi-teknologi canggih yang sangat membantu dalam menyelenggarakan acara. Dimulai dari penggunaan layar LED yang besar, sistem suara yang canggih, serta visualisasi dalam event. Selain itu, teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) semakin banyak digunakan untuk memberikan pengalaman yang interaktif kepada audiens.

Penerapan teknologi selama pelaksanaan event telah membawa perubahan yang sangat signifikan. Teknologi memainkan peran yang krusial dalam menjamin kualitas acara. Teknologi juga memungkinkan untuk melakukan pemantauan secara real-time, evaluasi, dan feedback yang cepat dari para audiens. Hal ini akan membantu pihak penyelenggara untuk melakukan perbaikan secepat mungkin dan meningkatkan kualitas acara secara keseluruhan.

3. Dekorasi

Visual dari event merupakan hal pertama yang bisa memberikan kesan tersendiri bagi para audiens yang datang. Hal tersebut juga dapat membuat event lebih menarik perhatian banyak orang. Maka dari itu, dalam menyelenggarakan sebuah event tentunya harus merencanakan dekorasi dengan matang yang sesuai dengan tren terbaru dan konsep serta tema yang diinginkan. Beberapa dekorasi ini menjadi tren terbaru dalam event.

  • Hitam Putih

Menggunakan nuansa hitam putih nampaknya tak pernah lekang oleh waktu diberbagai event. Dekorasi hitam putih dalam event merupakan gaya event di Amerika Serikat pada masa lampau. Penggunaan dekorasi warna hitam putih sebagai backdrop dan penambahan pernak-pernik akan memberikan kesan tersendiri dari event tersebut.

  • Tropikal

Dekorasi tropical dapat memberikan kesan yang segar dan natural. Membawa suasana alam ke dalam venue event juga tentu akan menarik perhatian para audiens. Apalagi dengan warna-warna alam yang ceria akan menjadi poin lebih dari dekorasi event.

  • Glamour

Untuk tema dan konsep tertentu, tren dekorasi glamour tentu akan selalu tepat saat digunakan. Warna-warna logam seperti emas dan perak sudah menjadi andalan dari dekorasi dengan tema glamour.

  • Vintage

Dekorasi vintage akan menghadirkan kesan rustic dengan sentuhan kayu dan besi. Dominasi warna untuk menghasilkan tema ini yaitu coklat. Penggunaan unsur daun dan bunga juga akan menyempurnakan dalam gelaran acara yang menggunakan dekorasi vintage.

Baca Juga: Sejarah Konser Musik , Mengenal Event Organizer dan Cara Kerjanya

Share this post