konser musik the kasablanka

Menelusuri Sejarah Konser Musik dan Beberapa Konser Musik Terbesar Dunia

Hallo guys! Akhir-akhir ini media sosial sedang diramaikan dengan adanya konser musik Coldplay di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, yang rencananya akan digelar pada 15 November 2023 mendatang. Tentu kehadiran band asal Inggris ini sangat ditunggu-tunggu oleh para penggemarnya di Tanah Air. Melihat dari aksi panggung dan lagu-lagu yang dibawakannya, Coldplay tentu akan mengguncangkan panggung di Jakarta.

Kegembiraan adanya konser tersebut sudah sangat terasa bahkan sejak jauh-jauh hari sebelum konser Coldplay dimulai. Maka tidak heran jika tiket konser yang dijual pun habis dalam beberapa menit saja. Ini menjadi bukti bahwa konser dapat memikat masyarakat Indonesia.

Namun, apakah kalian tahu mengenai sejarah konser musik di dunia? Berikut penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Sejarah Konser Musik Dunia

Konser merupakan sebuah pertunjukan musik langsung yang disaksikan oleh banyak penonton. Awal mula kata konser ini berasal dari bahasa Italia: concerto dan bahasa Latin: concertare yang artinya berjuang atau berlomba dengan orang lain.

Kita bisa mengatakan bahwa pertujukan tersebut merupakan sebuah konser jika terdapat orang yang memainkan alat musik di atas panggung dan terdapat penonton yang menyaksikannya. Konser ini bisa diadakan di berbagai jenis lokasi, seperti lapangan outdoor maupun indoor, stadion, aula, gedung serbaguna, dan sebagainya.

Sebelum meluasnya musik rekaman, konser merupakan satu-satunya kesempatan bagi seseorang untuk mendengarkan dan melihat penampilan para musisi di atas panggung.

Jenis Konser Musik

Dalam perjalanannya dari tahun ke tahun, ada beberapa jenis konser yang kita kenal. Berikut penjelasan selengkapnya:

  • Resital

Resital merupakan sebuah konser yang menampilkan satu musisi dan sekelompok pemain musik. Pemain piano paling sering membuat resital, karena ia bisa mendampingi satu atau atau dua orang penyanyi.

  • Chamber Music

Chamber music adalah penampilan sekelompok kecil musisi yang bermain tanpa konduktor. Kombinasi musisi yang paling sering kita temui adalah string quartet yang terdiri dari viola, cello, dan dua biola.

  • Pop Concert

Sesuai dengan namanya, jenis konser ini menampilkan musik yang lebih ringan dan populer. Tidak terbatas pada genre musik pop saja, pop concert ini akan diadakan oleh penyanyi dan grup band terkenal.

  • Konser Teatrikal

Teatrikan adalah pertunjukan beberapa artis atau grup yang menggelar konser sangat rumit dan mahal demi menciptakan suasana yang berkesan bagi para penonton yang hadir. Konser ini akan memaksimalkan visual di atas panggung demi meninggalkan kesan yang mendalam.

Konser Pertama di Dunia

Secara umum, sejarah mencatat bahwa yang dianggap sebagai “The First Public Concert” diadakan di London pada 9 Maret 1672. Konser pertama di dunia ini digelar di St. Paul’s Cathedral dan dipimpin oleh pemain biola terkenal era tersebut, yakni John Banister.

Jauh sebelum itu, sebenarnya ada masyarakat yang hidup pada era kekaisaran Romawi dan sudah mengenal tentang pertunjukan musik. Pada era tersebut konser seringkali dikaitkan dengan upacara keagamaan atau acara istana.

Setelah era tersebut, konser musik sempat menjadi bagian di dalam ibadah gereja dan masih digunakan dalam perayaan khusus di istana. Kemudian setelah abad ke-14, konser yang menampilkan vokal dan instrumental semakin populer dan digemari oleh banyak orang.

Pada abad ke-17, konser musik menjadi sangat sering digelar untuk kalangan bangsawan dan keluarga kerajaan. Pada era itulah Johann Sebastian Bach dan Antonio Vivaldi menghasilkan karya-karya penting untuk sebuah pertunjukan.

Konser Terbesar di Dunia

1. Konser Malam Tahun Baru Copacabana, Brazil (1994/1995)

Perayaan tahun baru seringkali menjadi momen untuk mengadakan konser musik. Salah satunya perayaan tahun baru di Brazil pada 1994-1995 yang mencatatkan sebagai konser terbesar di dunia.

Konser ini dihadiri sekitar 3,54 juta orang. Konser perayaan tahun baru tersebut digelar di Pantai Copcabana, Rio de Janiero, dengan bintang tamu Rod Stewart.

2. Konser Hari Jadi Moscow ke-850 (1997)

Moscow sebagai kota terkenal dan terbesar di dunia ini menjadi saksi sejarah konser terbesar di dunia. Pada tahun 1997, Moscow merayakan hari jadinya yang ke-850 dengan mengadakan konser selama seminggu di Universitas Negeri Moscow.

Konser tersebut menampilkan penyayi asal Prancis, Jean-Michel Jarre dan disaksikan oleh 3,5 juta penonton.

3. Konser Hari Bastille, Prancis (1990)

Hari Bastille adalah Hari Nasonal Prancis yang dirayakan setiap tanggal 14 Juli untuk menghormati peristiwa Revolusi Prancis. Pada tahun 1990, perayaan Hari Bastille menampilkan konser musik dengan bintang tamu Jean-Michel Jarre yang dihadiri oleh 2 juta penonton.

4. Konser Musik Monster of Rock, Rusia (1991)

Konser musik rock dan heavy metal rutin digelar pada setiap tahunnya di Rusia selama periode 1980-1996. Konser ini dinamankan Monster of Rock. Pada 1991, konser yang diadakan di Moscow ini mengundang nama-nama band besar seperti AC/DC, Metallica, dan Pantera yang dihadiri oleh 1,6 juta penonton.

Baca Juga: Perbedaan Gigs, Konser dan Pensi , Mengenal Event Organizer dan Cara Kerjanya

Share this post