artis korea

Dari Seoul ke Dunia: Perjalanan Karier Internasional Artis Korea

Hallo guys! Dalam beberapa tahun terakhir, para artis Korea telah menggemparkan dunia dan berhasil memikat perhatian masyarakat dunia. Mereka membius dunia dengan tampil di industri hiburan musik, film, serta berbagai acara televisi yang mereka punya. Popularitas hiburan Korea ini sering kita sebut sebagai “Gelombang Hallyu” atau Gelombang Korea yang telah menyebar jauh melampuai batas Korea Selatan dan memberikan pengaruh yang signifikan di panggung internasional.

Dengan begitu, perjalanan karir internasional artis Korea terus mengalami perkembangan. Banyak artis Korea yang berhasil meraih popularitas global dan memperluas basis penggemar mereka di berbagai negara.

Dibalik semua kesuksesannya di kancah internasional, para artis ini memiliki daya juang yang luar biasa untuk dapat mencapai titik kesuksesannya. Sikap pantang menyerah untuk meraih impian ditanamkan para artis Korea. Selain itu, ada faktor industri hiburan Korea juga yang aktif memenuhi kebutuhan para penonton dunia. Lantas apa saja yang menjadi faktor kesuksesan artis Korea dalam perjalanan karirnya dikancah internasional? Mari kita simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Kemunculan Gelombang Korea

Faktor besar yang mendorong sukesnya para artis Korea dalam perjalanan karirnya dikancah internasional yaitu dengan adanya kemunculan gelombang Korea. Awal mula kemunculan gelombang Korea ini pada akhir tahun 1990-an dan awal 2000-an dengan mengekspor drama Korea, atau yang dikenal sebagai K-drama.

Kebanyakan dari K-drama yang dipenuhi alur cerita yang menarik, dihiasi dengan aktor-aktor berbakat, dan nilai produksi yang rumit dapat menarik perhatian para penonton di negara-negara tetangga seperti China, Jepang, dan wilayah Asia lainnya. Daya tari dari K-drama ini bisa dengan cepat melampaui batas wilayah dan menjangkau penonton global yang dibantu dengan kemunculan platform digital dan media sosial.

Bangkitnya K-Pop

Faktor penting lainnya yang berkontribusi terhadap kesukesan para artis Korea dikancah internasional adalah kebangkitan dari K-Pop. K-Pop merupakan kependekan dari musik pop Korea, yang telah menjadi daya tarik baru bagi para pecinta musik dunia. Dengan alunan melodi yang menarik, penampilan yang energik, serta koreografi yang menawan bisa menaklukan industri musik dunia.

Beberapa grup K-Pop seperti Blackpink, BTS, EXO, dan TWICE telah mencapai kesukesan yang luar biasa dan belum pernah terjadi sebelumnya. Mereka dapat menduduki puncak tangga musik internasional, bahkan berkolaborasi dengan artis dunia, serta memenuhi stadion dengan para penggemar mereka yang menyanyikan lagu dengan bahasa Korea. Tentu hal tersebut merupakan pencapaian yang fenomenal bagi industri musik Korea, beserta para musisi dan artis yang terlibat di dalamnya.

Kolaborasi dengan Artis Internasional

Perjalanan karir internasional para artis Korea ini telah membuka jalan untuk memperluas peluang untuk berkolaborasi dengan artis internasional dari berbagai negara. Misalnya lagu “Gentlemen” yang dibawakan PSY berhasil berkolaborasi dengan rapper Amerika, Snoop Dogg. Selain itu, grup K-Pop lainnya yang berkolaborasi dengan beberapa artis ternama dunia, seperti Steve Aoki, Ed Sheeran, dan Halsey telah menciptakan musik yang bisa melampaui batasan budaya dan bahasa.

Aktor Korea juga mendapatkan pengakuan di Hollywood, dengan bintang-bintangnya seperti Lee Byung-hun dan Bae Doona muncul dalam produksi besar Hollywood.

Mendapatkan Pengakuan dan Prestasi Global

Perjalanan dikancah internasional ini tidak hanya mendapatkan kepopularitasan saja, namun juga mendapatkan pengakuan dan penghargaan bergengsi di panggung internasional. Semisal BTS, mereka menjadi artis Korea pertama yang memenangkan penghargaan musik Billboard untuk artis sosial teratas pada tahun 2017, dan sejak saat itu mereka memenangkan penghargaan tersebut selama empat tahun berturut-turut. Selain itu, mereka juga masuk ke dalam nominasi Grammy Award pada tahun 2021, dengan menyoroti dampak global dari musik mereka.

Keterlibatan Fans dan Media Sosial

Di era media sosial ini, tentu sangat menguntungkan bagi para artis untuk terus berkembang dikancah internasional. Media sosial memainkan peran penting dalam menghubungkan artis Korea dengan basis penggemar internasional mereka. Para artis menggunakan beberapa platform sosial media seperti Instagram, TikTok, Twitter, dan Youtube untuk berinteraksi dengan penggemar, berbagi pembaruan, dan menunjukan bakat mereka.

Keterlibatan langsung ini menumbuhkan ikatan yang kuat antara artis dan para penggemarnya, serta menciptakan komunitas global yang mendukung pencapaian para artis Korea.

Baca Juga: Sejarah Konser Musik , Mengenal Event Organizer dan Cara Kerjanya

Share this post