penyanyi solo korea (1)

7 Penyanyi Solo Korea yang Sukses di Kancah Internasional

Hallo guys! Apa yang kalian pikirkan ketika mendengar kata K-Pop? Pasti yang ada dalam bayangan adalah boyband atau girlband. Meskipun K-Pop sangat identik dengan boyband dan girlbandnya, ternyata banyak juga loh penyanyi solo Korea yang sukses dikancah internasional. Enggak kalah suksesnya dengan boyband dan girlband Korea deh!

Untuk bisa merambah ke kancah internasional tentunya bukan perkara mudah, apalagi sebagai idol K-Pop. Selain membutuhkan kerja keras, para idol K-Pop tersebut harus memiliki bakat dan kemampuan yang mumpuni untuk bisa masuk ke kancah internasional. Selain harus jago menyanyi, mereka juga harus memiliki kemampuan dance, akting, serta penampilan yang menarik agar bisa menjadi nilai tambah tersendiri.

Tidak sedikit para penyanyi solo Korea ini yang menduduki puncak tangga lagu hingga berkali-kali dan telah mendapatkan basis penggemar internasional yang sangat banyak. Berikut 7 penyanyi solo Korea yang sukses di kancah internasional. Simak informasi selengkapnya di bawah ini!

  • IU

Lee Ji-eun atau yang lebih dikenal dengan IU, sudah mendapatkan kepopularitasan yang luar biasa sejak debutnya pada tahun 2007. IU lahir pada 16 Mei 1993 dan ia melakukan debutnya pada usia 15 tahun.

Selama 10 tahun terakhir, IU nyaris tidak pernah keluar dari top 3 dalam tren pencarian idol K-Pop yang sukses berkarir sebagai solois. Lagu-lagu dari IU juga terus menghiasi beragam drama Korea hingga ia kerap dijuluki sebagai ratu OST. Penampilannya yang menawan juga membawa ia terus melebarkan karirnya di dunia modeling, hingga menjadi brand ambassador produk fashion mewah.

  • Taeyeon (SNSD)

Siapa yang tak kenal dengan Taeyeon? Salah satu member SNSD ini juga sangat populer di kancah internasional dengan semua album solo yang dibawakannya. Berkat suara emasnya, Taeyeon berhasil mendapatkan kategori Queen of Soundtrack.

Salah satu lagu yang dibawakan oleh Taeyeon “INVU” secara resmi mencetak perfect all-kill (PAK). Dengan ini, dia menduduki peringkat nomor 1 di tangga lagu harian dan realtime di semua platform streaming utama Korea.

  • Jennie (BLACKPINK)

Salah satu yang sedang dalam puncak kepopularitasan dari idol K-Pop, Jennie, menjadi salah satu artis Korea paling sukses di kancah internasional. Menariknya, Jennie baru memulai debut solonya pada tahun 2018 dengan merilis single “Solo”. Namun Jennie terus melejit karirnya bersama BLACKPINK yang juga sukses mendunia.

Lagu solo Jennie langsung viral dan mendapatkan ratusan juta penonton di YouTube. Meskipun saat ini belum melanjutkan karir solonya dan sedang fokus bersama BLACKPINK, namun pengaruh Jennie di industri K-Pop sangat besar.

  • Park Jae-sang (Psy)

Awal mula ketenaran dari Park Jae-sang dimulai dari nama panggung Psy. Pada tahun 2012 lagu “Gangnam Style” begitu viral dan diputar hampir di seluruh dunia. Lagu tersebut menduduki puncak tangga lagu di berbagai negara dan menjadi video yang paling banyak ditonton di YouTube pada saat itu. Berkat lagu “Gangnam Style” Paek Jae-sang sangat membantu untuk memperkenalkan K-Pop ke mata dunia.

  • Kim Nam-joon (BTS)

Kim Nam-joon atau yang lebih dikenal sebagai RM adalah leader dam salah satu rapper utama dari boy grup terkenal K-Pop, yakni BTS. Sebagai penyanyi solo. RM telah berkolaborasi dengan berbagai artis kenamaan dunia, termasuk Lil Nas X dalam remix lagu “Old Town Road”. Kemampuan RM sebagai rapper yang serba bisa ini membantunya untuk bisa berkolaborasi dengan para artis dunia. Selain itu, kemahiran dia dalam berbahasa Inggris juga sangat berkontribusi dalam kesuksesannya di kancah internasional.

  • HyunA (Wonder Girls/4MINUTE)

HyunA juga menjadi salah satu artis Korea yang mampu duduk dijajaran atas dan sukses berkarir secara solo dalam satu dekade terakhir. Awal mula kemunculan HyunA myaitu dari video musik Gangnam Style milik PSY hingga menjadi sukses seperti saat ini.

Sejak saat itu, ia mencoba untuk merilis lagu secara solo. Perlahan tapi pasti, HyunA pun bisa dikenal tidak hanya di Korea, namun seluruh dunia. Sepanjang karir HyunA memang dikenal tidak ragu dan berani dalam mengekspresikan karyanya. Ia bahkan sempat membuat kontroversi dengan menggebrak stigma negatif idol K-Pop yang tidak boleh pacaran. Namun HyunA terus menepis kontroversi yang ia buat dengan talenta musik yang dimilikinya.

  • G-Dragon (BIGBANG)

G-Dragon berhasil debut dibawah naungan YG Entertainment, lalu dia menjadi leader untuk grup BIGBANG. G-Dragon memiliki hobi menulis dan memproduksi lagu, sehingga namanya semakin dikenal berkat karya-karyanya. Beberapa lagu seperti “Lies”, “Fantastic Baby”, dan “Bang Bang Bang” berhasil membuat nama BIGBANG semakin dikenal di seluruh dunia.

Setelah tiga tahun debutnya, G-Dragon mencoba untuk debut solo dengan merilis lagu “Heartbreaker” pada tahun 2009. G-Dragon tidak hanya berfokus pada musik, namun juga dia memiliki kemampuan sebagai model diberbagai brand terkenal, hingga menjadi cover majalah Vogue.

Baca Juga: Sejarah Konser Musik , Mengenal Event Organizer dan Cara Kerjanya

Share this post