Pentingnya Fasilitas Acara Bagi Semua Orang: Termasuk Penyandang Disabilitas

Pentingnya Fasilitas Acara Bagi Semua Orang: Termasuk Penyandang Disabilitas

Hallo guys! Dalam beberapa tahun terakhir sudah semakin banyak yang mengampanyekan bahwa betapa pentingnya untuk menciptakan ruang dan acara inklusif yang memenuhi kebutuhan semua individu, termasuk penyandang disabilitas. Begitu banyak acara yang digelar dengan target audiens seluruh lapisan masyarakat. Akan tetapi pihak penyelenggara seringkali melupakan untuk menyediakan fasilitas bagi para penyandang disabilitas.

Harus diakui bahwa kita jarang sekali menemukan tacticle paving atau guiding block dalam venue digelarnya acara. Lalu tidak ramahnya spektrum warna-warna yang ditampilkan dalam berbagai acara, seperti konser, untuk penyandang buta warna. Selain itu, ruang menyusui bagi ibu-ibu yang sedang menyusui balita juga menjadi masalah yang besar bagi para pihak penyelenggara yang ingin merangkul semua lapisan masyarakat, namun berbagai fasilitasnya tidak dihadirkan.

Aksesibilitas yang baik dan inklusivitas seolah-olah menjadi tantangan yang besar bagi para penyelenggara dalam menyelenggarakan acara publik. Oleh karena itu, dalam artikel ini kita akan membahas bagaimana cara membuat sebuah event yang memprioritaskan fasilitas yang mudah diakses oleh semua orang, termasuk penyandang disabilitas. Simak artikel selengkapnya di bawah ini ya!

  • Pintu Masuk dan Keluar yang Mudah Diakses

Salah satu aspek terpenting dalam mempersiapkan fasilitas event yang ramah untuk semua lapisan masyarakat yaitu dengan menyediakan pintu masuk dan keluar yang mudah diakses. Penyediaan pintu masuk dan keluar ini jangan hanya satu dalam sebuah event, melainkan ada beberapa titik yang akan mempermudah audiens untuk keluar-masuk venue tersebut.

Tidak hanya menambah beberapa titik pintu keluar masuk, pihak penyelenggara acara juga harus menyediakan elevator untuk individu dengan gangguan mobilitas, pintu lebar untuk mengakomodasi pengguna kursi roda, serta papan petunjuk yang mudah dibaca dan dipahami.

Dengan begitu, penyelenggara acara dapat memastikan bahwa seluruh lapisan masyarakat termasuk penyandang disabilitas dapat mengakes lokasi dengan aman dan nyaman.

  • Aksesibilitas Kursi Roda

Untuk memfasilitasi individu yang menggunakan kursi roda, tempat berlangsungnya acara harus menyediakan jalur khusus yang dapat diakses oleh kursi roda pada seluruh ruangan. Hal ini penting untuk dapat melangsungkan acara dengan baik dan lancar. Beberapa hal termasuk koridor lebar, jalur landai, dan elevator dengan pintu lebar harus diperhatikan oleh pihak penyelenggara dan penyedia tempat.

Penting juga untuk menentukan beberapa titik area untuk menentukan tempat duduk yang dapat diakses di berbagai bagian venue, untuk dapat memastikan kenyamanan dan visibilitas yang sama bagi semua audiens yang hadir pada event tersebut.

  • Toilet yang Mudah Diakses

Selain akses pintu masuk dan keluar yang mudah diakses, salah satu hal penting lainnya yang perlu diperhatikan dalam menggelar event yaitu dengan menyediakan toilet yang banyak dan mudah diakses oleh audiens. Toilet ini harus memiliki tata ruang yang luas, serta beberapa fitur seperti pegangan tangan dan tanga yang memadai untuk menunjukan aksesibilitasnya.

Dengan memastikan lokasi toilet yang tersebar di beberapa lokasi, pihak penyelenggara menjamin bahwa penyandang disabilitas memiliki akses dan kemudahan yang sama dengan para audiens lain terhadap fasilitas-fasilitas penting dalam sebuah event.

  • Sistem Pendengar Bantuan

Untuk individu dengan gangguan pendengaran, menyediakan fasilitas sistem pendengaran bantuan merupakan fasilitas yang sangat penting. Sistem ini akan mengirimkan suara langsung ke alat bantu dengar atau penerima portable, sehingga para peserta dengan gangguan pendengaran bisa terlibat sepenuhnya.

Untuk hal ini memang penyedia tempat harus berinvestasi pada alat bantu dengar yang memiliki kualitas tinggi dan sistem lain untuk mengakomodasi kebutuhan individu dengan gangguan pendengaran.

  • Akesibilitas Visual

Bagi individu dengan gangguan penglihatan, penyelenggara acara harus mempertimbangkan penerapan langkah-langkah untuk aksesibilitas penglihatan. Hal ini juga termasuk menyiapkan papan informasi yang jelas dengan warna-warna yang kontras, serta menggunakan font yang ukuran besar.

Selain itu, jalur pemandu dan indicator peringatan sentuhan bisa membantu untuk individu dengan gangguan penglihatan atau menavigasi lokasi dengan aman dan mandiri.

Nah, itulah beberapa tips untuk mengadakan acara yang difasilitasi dengan aksesibilitas bagi penyandang disabilitas. Penyediaan fasilitas ini seharusnya menjadi hal yang umum untuk dilakukan para penyelenggara acara, apalagi untuk sebuah event yang ditujukan bagi seluruh elemen masyarakat.

Share this post