Hallo ARMY! Melihat Lebih Jauh Calon Tempat Konser BTS di Jakarta

Hallo ARMY! Melihat Lebih Jauh Calon Tempat Konser BTS di Jakarta

Boyband paling fenomenal saat ini, BTS rencananya akan menggelar konser di Jakarta. Seperti yang kita ketahui, BTS memiliki basis penggemar yang sangat banyak di Indonesia. Boyband asal Korea Selatan tersebut berhasil menghipnotis para penggemarnya di seluruh dunia lewat lantunan lagu-lagu yang membuat para fans berteriak kegirangan. Setelah pandemi Covid-19 berlalu, BTS akan menggelar konser di Jakarta. Lantas, tempat konser mana yang cocok untuk menggelar konser BTS di Jakarta?

Fenomena boyband asal Korea Selatan belakangan ini memang sangat luar biasa. Dengan kepopularitasannya, mereka bisa mengubah industri musik yang ada di dunia. Tidak jarang juga mereka bisa menggaet beberapa brand ternama untuk berkolaborasi. Mungkin hal ini memang jarang kita temui sebelumnya. Namun dengan kepopularitasan boyband Korea Selatan, khususnya BTS, mereka bisa mengubahnya. Kini, selepas pandemi Covid-19 keadaan semakin membaik dan berangsur menjadi normal kembali. Itu artinya, kita bisa kembali menyaksikan acara konser musik seperti sebelum pandemi.

Stadion olahraga Jakarta International Stadium (JIS) digadang-gadang akan menjadi tempat konser BTS di Jakarta. Lalu apa yang membuat JIS dipercaya untuk menjadi tempat konser BTS di Jakarta? 

Spesifikasi Jakarta International Stadium (JIS)

Sejatinya memang stadion ini dibuat untuk menggelar pertandingan sepak bola. Namun dalam keterangan lebih lanjut, menurut Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro), Widi Amanasto, selaku perusahaan yang menggarap proyek pembangunan stadion JIS mengatakan bahwa stadion JIS tidak hanya dijadikan stadion sepak bola, namun juga JIS diproyeksikan menjadi pusat pariwisata berskala internasional untuk menggelar berbagai event. Lebih lanjut lagi, stadion JIS akan menjadi tempat untuk menggelar konser BTS.

Luas 22,1 Hektar dengan Fasilitas VIP

Proses pembangunan stadion JIS melewati masa yang sangat panjang, hingga akhirnya sekarang bisa berdiri di atas tanah dengan luas 22, 1 hektar. Stadion ini berlokasi di kawasan Tanjung Priok, Jakarta Utara, yang dulunya merupakan kawasan Taman Bersih Manusia Wibawa (BMW). Proses pembangunan stadion JIS dimulai dari tahun 2019 dan diresmikan pada 24 Juli 2022.

Stadion JIS menggunakan rumput hybrid turf, yaitu perpaduan antara rumput organik dan rumput sintetis. Selain itu, JIS sudah dilengkapi dengan fasilitas 200 tempat duduk khusus difabel, fasilitas sky-viewing deck di ketinggian 70 meter, restoran, ruang VIP, ruang ganti yang mewah, serta area untuk fasilitas umum dan sosial yang mengutamakan seni, budaya, dan lingkungan. Hal inilah yang menjadi alasan JIS diproyeksikan menjadi tempat konser BTS di Jakarta.

Kapasitas 82.000 Penonton

Stadion olahraga Jakarta International Stadium (JIS) memiliki kapasitas yang cukup besar dibandingkan dengan beberapa stadion yang ada di Indonesia. Terhitung hingga 82.000 bangku bisa hadir di stadion JIS. Bahkan mengalahkan Stadion Utama Gelora Bung Karno yang awalnya memimpin dalam hal kapasitas stadion di Indonesia. JIS dibangun tanpa menggunakan lintasan atletik dengan tribun tiga tingkat dengan rincian lower tribun, middle tribun, dan upper tribun.

Atap Stadion Buka-Tutup (Retractable Roof)

Stadion JIS dirancang dengan konsep yang sangat modern. Hal ini dibuktikan dengan pemakaian atap stadion yang bisa dibuka-tutup (retractable roof) layaknya stadion-stadion yang berada di Eropa. Dengan atap yang bisa dibuka-tutup akan sangat mendukung untuk menjadi tempat konser karena suara yang dihasilkan akan jauh lebih maksimal.

Sebagai informasi, tidak semua stadion di dunia memiliki fitur yang serupa dengan stadion Jakarta International Stadium. Beberapa stadion yang menggunakan fitur serupa yaitu National Stadium (Singapura), Tokyo Dome (Jepang), Marvel Stadium (Australia).

Sound System Canggih

Stadion JIS dibangun tidak hanya menjadi stadion yang bisa digunakan untuk pertandingan sepak bola saja, namun juga bisa digunakan untuk berbagai event seperti konser musik. Dengan begitu, stadion JIS memakai sound system yang canggih untuk mendukungnya. Kejernihan audio dari sound system yang digunakan di stadion JIS akan memberikan pengalaman berbeda saat menyaksikan konser musik.

Terintegrasi dengan Transportasi Umum

Dalam perencanaannya, pembangunan Jakarta International Stadium ini jelas sudah dipikirkan secara matang. Begitu juga dengan hal-hal detail seperti transportasi. Stadion ini  didesain agar dapat terintegrasi dengan transportasi umum. Dengan begitu, hal ini akan sangat memudahkan para penonton yang ingin hadir ke Jakarta International Stadium. So, para Army enggak perlu bingung lagi untuk bisa mengakses ke JIS, karena bisa menggunakan fasilitas transportasi umum.

Nah, itulah beberapa hal yang jadi catatan penting mengapa Jakarta International Stadium (JIS) direncanakan akan menjadi tempat konser BTS di Jakarta. Pasti para Army udah enggak sabar kan ingin menyaksikan langsung BTS di Jakarta? Tunggu tanggal mainnya ya!

Share this post