964c217b7b53efbeb14d1e4f90b604de

Konser Musik Online yang Digelar Selama Pandemi Covid-19

Hallo guys! Pada tahun 2019 lalu, pandemi virus Covid-19 menginfeksi ke seluruh penjuru dunia dengan cepat. Alhasil semua kegiatan yang biasa kita lakukan dibatasi. Banyak pekerjaan yang dialihkan ke rumah, hanya bidang-bidang tertentu saja yang bisa melakukan aktivitas seperti biasa, itupun harus mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditentukan. Begitu juga dengan konser musik, dengan adanya pandemi Covid-19 maka pemerintah tidak mengizinkan untuk menggelar konser musik, karena nantinya akan menimbulkan keramaian dan kerumunan. Meski begitu, para musisi dunia tidak kehabisan ide untuk tetap melakukan konser musik. Maka dari itu, mereka melakukan konser musik secara online.

Konser yang dilakukan secara online menjadi salah satu bentuk ekspresi para musisi di masa pandemi Covid-19. Selain itu, hal ini menjadi hiburan yang menarik bagi masyarakat dibalik mencekamnya situasi saat itu. Banyak sisi positif dari diselenggarakannya konser musik secara online. Salah satu faktor penting dari musisi yaitu untuk tetap menjaga koneksi dengan para penggemarnya.

Namun dengan adanya perubahan ini, para musisi pun harus bisa beradaptasi dengan situasi tersebut. Mereka harus mempersiapkan segala peralatan yang dapat menunjang untuk menggelar konser musik online. Sisi positif lainnya dari konser yang dilakukan secara online justru akan lebih banyak ditonton oleh para penggemar karena tidak ada batasan.

Dilakukannya konser musik secara online ini ada yang menggratiskan konser musiknya dan ada juga yang berbayar. Beberapa platform streaming bisa kita gunakan untuk menonton konser musik secara online. Hal ini tergantung para musisi memilih platform streaming tersebut. Beberapa platform yang biasa digunakan para musisi untuk menggelar konser online seperti Twitch, Youtube, Instagram, GoPlay, atau wesite streaming online seperti loket.com maupun website pribadi yang dibuat oleh musisi.

Konser Musik Online Gratis

Salah satu musisi yang menggelar konser musik secara online di masa pandemi Covid-19 lalu ialah vokalis dari Coldplay, Chris Martin. Ia kerap kali tampil solo melalui platform Instagram dengan kampanyenya yang berjudul “Together At Home”. Chris Martin membawakan lagu-lagu hits dari Coldplay dengan memainkan piano. Ia pun sesekali membaca komen yang ditulis para penggemarnya. Hal ini membuat Chris Martin terlihat lebih dekat dengan para penggemarnya lewat konser musik online ini.

Meski dengan alat dan perlengkapan seadanya, Chris Martin bisa dikatakan berhasil dalam menggelar konser musik online. Terhitung hingga 301 ribu penonton menyaksikan Chris Martin dalam konser onlinenya. Konser ini digelar pada tanggal 17 Maret 2020 lalu. Beberapa musisi dunia lain yang menggelar konser online dengan kampanye “Together At Home” diantaranya Shawn Mendes, John Legend, Charlie Puth, dan masih banyak lagi. Kamu masih bisa menyaksikan konser online tersebut di Youtube dengan pencarian #TogetherAtHome.

Di Indonesia, banyak musisi yang menggelar acara konser musik yang dilakukan secara online. Tidak hanya dilakukan para musisi secara pribadi, festival musik tahunan yang biasa digelar secara offline pun harus mengubah konsep konsernya karena situasi Covid-19, salah satunya DWP (Djakarta Warehouse Project). Konser online DWP digelar pada tanggal 19-20 Desember. Bahkan mereka harus mengubah nama menjadi DWPV (Djakarta Warehouse Project Virtual). Para penonton yang ingin menyaksikan konser DWPV tinggal registrasi di website resmi DWP untuk mendapatkan free pas link menonton acaranya.

Konser Musik Online Berbayar

Selain konser musik online yang gratis, beberapa musisi juga ada yang menggelar konser musik online berbayar, diantaranya BTS. BTS menggelar konser online dengan tema Map of The Soul ON:E pada tanggal 10 dan 11 Oktober 2020. Dengan konser ini, BTS berhasil meraup keuntungan yang sangat fantastis. Terhitung hingga 93 ribu orang menyaksikan konser online BTS ini dengan harga tiket konser paling murah Rp 632.000.

Musisi kenamaan terkini di Indonesia, Nadin Amizah, berhasil menggelar konser online pada tanggal 27 November 2020. Konser ini bisa dibilang cukup berbeda dengan konser musik online lainnya. Nadine menggelar konser musik online di rumah tua di kawasan Jakarta, yang ia sebut sebagai rumah akar dengan konser storytelling. Konser online ini bisa dibilang sangat berhasil menghibur para penonton di kala pandemi Covid-19. Sebanyak 7 ribu tiket berhasil terjual dalam konser yang bertema Selamat Ulang Tahun. Nah, itulah beberapa konser musik yang dilakukan secara online. Meskipun saat itu tengah dibatasi kegiatannya karena dampak dari pandemi virus Covid-19, namun dengan kreatifitas para musisi dunia berhasil melewati situasi yang sulit tersebut dengan menyuguhkan sebuah pertunjukan konser musik secara online.

Share this post