Sejarah Musik Rock Korea Selatan Dari Era 50-an Hingga Kini

Sejarah Musik Rock Korea Selatan: Dari Era 50-an Hingga Kini

Hallo guys! Industri musik Korea Selatan telah mendapatkan pengakuan secara global dalam beberapa tahun terakhir, dengan K-Pop yang menjadi pusat perhatiannya. Akan tetapi, akar musik sejarah Korea Selatan tidak hanya sebatas pada K-Pop saja, namun juga mencakup genre musik rock Korea yang cukup dinamis.

Meskipun sulit membayangkan jika Korea Selatan tanpa musik K-Pop, namun ada genre musik rock Korea yang jarang kita dengar dan diketahui oleh kalangan Korean Wave. 

Mungkin kita sangat familiar dengan musik rock barat, namun band rock Korea juga membuka gelombang musik baru dengan memadukan beberapa genre. Mereka bisa mendobrak pola genre untuk membuat aliran musik rock tersendiri. 

Dalam artikel ini kami akan membahas mengenai perjalanan sejarah musik rock Korea Selatan yang sangat menarik untuk diketahui. Simak informasi selengkapnya di bawah ini ya!

Sejarah Musik Rock di Korea Selatan

Awal mula lahirnya musik rock di Korea Selatan yaitu pada tahun 1950an. Ketika itu, musik rock di Korea Selatan sangat dipengaruhi oleh tentara militer barat selama perang Korea. Pada saat itu, musik rock cukup populer untuk didengar karena sebagai hiburan para tentara yang ada di Korea. 

Orang-orang Korea belajar memainkan musik rock untuk menghibur para tentara sebagai sumber penghidupan mereka. Orang Korea akan mengikuti audisi untuk bermain dengan tentara, beberapa orang yang berhasil seperti Shin Joong-Hyun. Dia dianggap sebagai “Bapak Rock” yang merevolusi musik rock dan menciptakan band rock pertama di Korea, yaitu Add 4. Saat itu ia dipengaruhi oleh genre musik lain seperti jazz dan psychedelic dari Amerika sehingga tercipta sebuah musik dengan bergenre rock.

Akan tetapi, genre ini menghadapi sebuah tantangan karena keadaan politik di Korea Selatan yang tertindas, sehingga dapat membatasi pertumbuhan dan dampak terhadap budayanya.

Setelah menghadapi berbagai perubahan, akhirnya pada tahun 1980an genre musik rock di Korea Selatan mengalami pertumbuhan yang signifikan. Kemunculan band-band baru seperti Sanulrim, He6, dan Baekdoosan membawa suara positif terhadap genre ini. Sebagian besar pada era tersebut memadukan genre musik rock dan elemen folk serta pop Korea.

Beberapa band tersebut mendapatkan popularitas karena lirik-lirik yang mereka gunakan ada unsur kesadaran sosial dan semangat memberontak yang pada saat itu sangat bergema di kalangan anak muda Korea Selatan. 

Selain itu, pada tahun 1980an masyarakat Korea menyaksikan kebangkitan musisi rock wanita, seperti Kim Wan Sun dan Cho Yong Pil untuk membawa perspektif baru dan menjadi pelopor musik rock di Korea Selatan.

Tahun 1990an menjadi titik balik musik rock Korea dengan bangkitnya musik underground dan alternatif. Saat itu musik rock Korea menjadi sebuah media untuk mengekspresikan ketidakpuasan masyarakat dan memberikan narasi tantangan terhadap budaya pop yang dominan. 

Pada era ini juga masyarakat Korea menyaksikan perpaduan berbagai sub-genre rock, termasuk punk, grunge, dan metal.

Awal Tahun 2000

Pada awal tahun 2000an, musik rock Korea mengalami perubahan dengan munculnya nama-nama baru, beberapa diantaranya seperti Nell, YB, dan Seo Taiji & Boys. Mereka memperluas batasan genre, bereksperimen dengan berbagai gaya musik dan memasukan elemen-elemen elektronik.

Dalam beberapa tahun terakhir, musik rock Korea telah mendapatkan pengakuan dari panggung global. Beberapa band rock Korea seperti DAY6, Hyukoh, dan The Rose telah menarik perhatian penonton di kancah internasional. 

Kesuksesan band-band tersebut membuka jalan bagi genre musik rock Korea untuk dapat memasuki kancah musik mainstream global. Semakin banyak band pendatang baru, maka akan semakin mendorong batasan-batasan dan bisa mengembangkan genre musik ini di kancah internasional.

Baca Juga: BAND KOREA YANG MENGGEBRAK MUSIK ROCK INTERNASIONAL , Mengenal Event Organizer dan Cara Kerjanya

Share this post