proposal

Panduan Dalam Membuat Proposal Konser Musik

Hallo guys! Berbicara soal musik memang tidak akan ada habisnya. Musik ini merupakan bahasa global yang dapat menyampaikan sebuah perasaan, situasi, dan juga menggambarkan secara imajinatif yang akan menyatukan kita, karena pada dasarnya musik tidak memandang perbedaan. Dengan begitu, untuk meningkatkan kemampuan bermusik, para musisi membutuhkan sebuah wadah untuk mengembangkan bakat yang dimiliki. Maka tidak heran jika kini banyak event musik yang akan digelar. Untuk kamu yang ingin membuat event musik, kami akan memberikan informasi mengenai proposal event organizer konser musik yang harus kamu ketahui.

Proposal merupakan salah satu bagian penting dari terbentuknya sebuah acara. Proposal adalah sebuah rencana yang disampaikan ke dalam bentuk rancangan tertulis. Sudah tentu proposal harus dibuat sebelum kegiatan dimulai, hal ini bertujuan untuk mendapatkan izin atau mencari sponsor acara.

Apalagi yang berkaitan dengan konser musik. Pihak event organizer sudah semestinya membuat proposal konser musik dari awal hingga akhir acara. Semua detail-detail yang akan dilaksanakan pada acara nanti harus dituangkan di dalam proposal tersebut. Dengan kemenarikan konsep acara yang dibuat, akan memudahkan kamu untuk mendapatkan perizinan dan sponsor.

Kami akan merangkum informasi terkait beberapa hal yang harus ada dalam proposal konser musik. Simak informasinya hingga selesai ya!

Judul Proposal

Hal pertama yang harus kamu perhatikan dalam membuat proposal konser musik adalah judul proposal. Judul proposal atau pada dasarnya sama seperti judul dari sebuah tulisan, maka dari itu judul proposal ini harus dibuat jelas dan menarik sehingga membuat para pembacanya ingin tahu lebih dalam dari proposal yang kamu buat.

Isi dari judul proposal ini tentunya harus dibuat sesuai dengan topik kegiatan. Jika kamu akan membuat proposal acara konser musik, bisa dibuat judul yang berkaitan dengan konser musik. Lalu sebisa mungkin judul dari proposal ini singkat, padat, dan jelas, serta tidak ambigu atau bermakna ganda.

Latar Belakang

Pada halaman selanjutnya, kamu bisa menuliskan mengenai latar belakang dari acara yang akan kamu buat. Latar belakang ini menyajikan informasi seperti alasan mengapa kegiatan ini menarik untuk dilaksanakan, apa yang memicu acara ini untuk dibuat, dan sebagainya. Maka dari itu, penulis dari proposal ini harus pintar menunjukan mengapa pentingnya pelaksanaan acara ini.

Tujuan Kegiatan

Setelah selesai menyusun latar belakang, selanjutnya kamu bisa menuliskan mengenai tujuan dari kegiatan tersebut. Tujuan ini difungsikan untuk lebih memfokuskan pada kegiatan acara yang akan dilaksanakan. Dalam tujuan ini, kamu bisa menyusun poin-poin tujuan utama dari diadakannya acara tersebut.

Dari poin-poin yang sudah kamu susun ditujuan kegiatan ini bisa jadi acuan atau tolok ukur kesuksesan acara yang sudah dilaksanakan.

Peserta atau Segmentasi Khalayak

Sesuai dengan namanya, pada poin ini kamu harus menuliskan segmentasi atau peserta dari acara yang kamu buat. Peserta kegiatan ini juga penting untuk dicantumkan dalam proposal, hal ini bertujuan agar acara yang kamu buat dapat dinilai sesuai dengan sasarannya atau tidak. Sebagai contoh, dalam acara konser musik kamu bisa mencantumkan segmentasi remaja dan dewasa.

Waktu dan Tempat Kegiatan

Dalam proposal konser musik juga harus menuliskan waktu dan tempat dari acara yang akan digelar, Pada poin ini, kamu bisa menjelaskan secara rinci dari susunan acara yang akan dilangsungkan. Lebih baik lagi jika menuliskan penanggung jawab dari setiap sesi acara, agar lebih mudah mengkordinasikan situasi pada hari pelaksanaannya.

Ketentuan

Setelah itu, poin selanjutnya kamu bisa menuliskan tentang ketentuan-ketentuan pada acara yang akan dilaksanakan. Ketentuan-ketentuan ini memiliki fungsi sebagai panduan dalam melaksanakan teknis pelaksanaan kegiatan. Beberapa hal yang biasanya dicantumkan dalam poin ketentuan seperti peraturan yang harus diikuti oleh peserta, himbauan, hingga larangan.

Rencana Anggaran

Satu hal yang tidak boleh ketinggalan dalam membuat proposal konser musik, yaitu rincian anggaran biaya. Biaya yang akan dicantumkan dalam proposal sebaiknya kamu harus memperhitungkan secara realistis. Estimasi biaya yang dibuat ini menjadi salah satu faktor penilaian dari calon donatur atau para penyandang dana. Maka dari itu, kamu harus benar-benar teliti dalam menyusun rencana anggaran biaya baik pemasukan atau pengeluaran.

Penutup

Bagian akhir dari proposal ini biasanya berisi kata-kata rayuan kepada para pembaca untuk menentukan diterima atau tidaknya dari proposal yang dibuat. Oleh karena itu, penyusun proposal harus membuat pembaca terbujuk untuk memberikan dana atau sponsor ke acara konser musik yang sudah kamu rancang.

Share this post